Rabu, 26 Januari 2011
Tips Mengkaryakan dan Mempromosikan Domain lewat Domain Parking
Saya anggap anda saat ini sudah mempunyai domain yang akan dijual. Bagi yang belum punya silahkan baca panduan2nya pada posting2 sebelumnya. Anda punya beberapa pilihan tindak lanjut setelah membeli domain:
1. Menjual Domain dan menunggu pembeli dengan mengkaryakan dan mempromosikan domain lewat domain parking
2. Menjual Domain dan diam aja menunggu pembeli
3. Menjual Domain dan menunggu pembeli dengan membangun situs dari domain yang dijual
4. Tidak menjual domain tapi mengkaryakan dan mempromosikan domain lewat domain parking
5. Tidak menjual domain dengan membangun situs
Kali ini saya akan menjelaskan tentang mengkaryakan dan mempromosikan domain lewat domain parking.
Penjelasan mudahnya Domain Parking adalah suatu program kerjasama bagi hasil antara kita sebagai pemilik domain dengan suatu perusahaan yang menyediakan lahan parkir domain dan kemudian membuatkan situs berisi iklan-iklan PPC (pay per click) mirip Google Adsense untuk domain yang parkir disitu. jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut maka perusahaan penyedia domain parking akan mendapatkan uang yang kemudian dibagi hasil dgn pemilik domain. Berapa persen pembagian bagi hasilnya sering tidak disebutkan.
Keuntungan Domain Parking
1. Domain lebih cepat di index oleh Yahoo dan Google.
Berikut pengalaman saya. Saya membeli domain 1center.net dan kemudian membangun situs yang menurut saya search engine friendly. Kemudian URL situs dan sitemapnya saya submit ke Google dan Yahoo. Ternyata situs saya di index oleh Google 1 bulan setelah submit, dan 3 bulan oleh Yahoo. Lain waktu saya membeli beberapa domain dan langsung saya ikutkan domain parking. Hasilnya mengagetkan, ternyata domain2 saya tersebut di index oleh Google dan Yahoo hanya 1 minggu setelah di submit. Percaya ato tidak, silahkan buktikan sendiri.
2. Tempat Promosi kalo Domain kita Jual
Jika ikut domain parking biasanya ada pilihan domain dijual ato tidak, Jika dijual maka pada tampilannya akan ada tulisan kalo domain dijual. Yah sapa tahu ada pengunjung yang tertarik untuk membeli domainnya.
3. Mendapatkan bagi hasil dari iklan PPC
Tapi jangan kaget, bagi hasilnya sangat kecil. Bagi hasil terbesar yang pernah saya dapat dari 1 klik adalah 0,06 euro. Rata-rata penyedia domain parking memakai sistem PPC, jarang yang PPM (pay per million)
Kelemahan Domain Parking
1. Bagi Hasil iklan PPC kecil
seperti saya sebutkan diatas, bagi hasil 1 klik iklan PPC sangat kecil. Jika rata-rata 1 klik nilainya 0,05 euro dan rasio yang mengklik dibanding jumlah pengunjung adalah 10%, maka bisa dihitung anda membutuhkan pengunjung 10.000 untuk mendapatkan 50 euro. Jadi jika anda ingin menjadikan domain parking sebagai tempat mencari uang yang banyak maka lupakanlah, sebaiknya bangun domain anda menjadi situs adsense. Tapi pilihan tetap terserah anda, mungkin anda yakin dan tahu cara domain parking mendapatkan pengunjung 10000/hari. kalo ada yang tahu dan punya pengalaman mohon berbagi ilmu, kirim artikel anda untuk blog ini ke bisnisdomainname@gmail.com, linkback untuk situs anda akan saya pasang setelah judul artikel.
2. Susah menempati peringkat 10 besar hasil pencarian Search engine
Walaupun dengan diparking domain menjadi lebih cepat di index Google dan Yahoo, tapi belum pernah saya menemukan situs domain parking menempati peringkat 10 besar hasil pencarian Search engine bahkan dengan keyword pencarian sesuai dengan nama domainnya. Misalnya domain facialfoam.com, cari di search engine dengan keyword facial foam. Hasilnya tidak ada di 10 besar.
Berikut daftar situs penyedia Domain Parking yang gratis tapi bagus
1. SEDO
Kelebihan : terintegrasi dengan layanan penjualan, pelelangan, dan penaksiran domain dengan reputasi yang sangat bagus; ada manual optimization; boleh mendaftarkan 1 domain; pendaftaran mudah; bagi hasil relatif tinggi dibanding yang lain; laporan komplit dan mudah dipahami.
Kekurangan : tampilan biasa saja; untuk mendaftar tidak boleh pakai email gratisan; pasif mendatangkan calon pembeli domain; susah untuk ikut dilelangkan; ada versi bayarnya yaitu SEDO PRO
Contoh : bandungsale.com
2. NAMEDRIVE
Kelebihan : tampilan bagus, boleh mendaftarkan 1 domain, laporan lumayan komplit dan mudah dipahami, boleh daftar pakai email gratisan, ada manual optimization, pendaftaran mudah
Kekurangan : bagi hasil lebih kecil dibanding sedo dengan domain yang sama, boleh menjual domain jika telah diparkir lebih dari sebulan, reputasi penjualan kurang bagus.
Contoh : skyjetting.com
3. TRAFFIC CLUB
Kelebihan : tampilan lumayan, boleh mendaftarkan 1 domain, laporan sederhana tapi mudah dipahami, boleh daftar pake email gratisan, jika ingin melelangkan domain di MONIKER maka disarankan parkir disini karena MONIKER hanya mengakui data traffic dan pendapatan PPC dari sini, terhubung dengan MONIKER untuk penjualan.
Kekurangan : pendaftaran bisa susah bisa mudah, tidak ada manual optimization.
Contoh : movierentaldvd.info
Saya kira yang diatas sudah cukup walo masih banyak yang lainnya. Ato jika anda punya review situs penyedia layanan domain parking yang lain silahkan kirim artikelnya ke bisnisdomainname@gmail.com, linkback untuk situs anda akan saya pasang setelah judul artikel.
source: http://bisnisdomainname.blogspot.com/2008/01/mengkaryakan-dan-mempromosikan-domain.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar